Trik Entry Data Angsuran Secara Cepat

Dalam proses awal komputerisasi, biasanya pengguna program sedikit direpotkan oleh proses kejar data simpanan, pinjaman, bahkan transaksi kas lainnya. Umumnya yang agak memakan waktu adalah proses input data simpanan dan pinjaman (yang terdiri dari realisasi dan angsuran). Terlebih jika nasabah koperasi anda sangat banyak, serta koperasi menjalankan pinjaman mingguan juga. Tentunya input data angsuran pinjaman ini bisa sangat panjang prosesnya.

Kesulitan yang sebenarnya muncul saat terjadi selisih antara saldo pinjaman dan simpanan. Karena kita harus melacak dimana kesalahan transaksinya, dan itu akan sedikit memakan waktu mengingat data yang telah dientry telah begitu banyak.

Dalam Armadillo system, kita bisa mengurangi terjadinya kesalahan yang terjadi pada saat entry data angsuran. Pada program ini sudah tersedia fitur memasukkan angsuran secara kolektif. Sehingga proses kejar data angsuran bisa lebih menyingkat waktu, serta kesalahan entry bisa lebih diminimalisir. Namun cara ini hanya bisa dilakukan pada angsuran dengan bunga flat pada tanggal yang sama.

Lalu bagaimana cara melakukannya?

Buka fitur pembayaran angsuran flat otomatis, yang terdapat pada menu operasional transaksi pinjaman. Jangan lupa untuk memastikan tanggal pembayaran angsuran yang dimaksud (edit tanggal dilakukan pada windows properties data dan tanggal) Kemudian lakukan cross chek data manual dengan komputer dengan cara memberi tanda centang pada daftar nasabah yang melakukan angsuran. Bila sudah, maka lihat total jumlah angsurannya apakah sudah sama dengan data manualnya.

Dan jika semua sudah sama maka ikuti langkah-langkah berikutnya sesuai dengan urutan yang terdapat pada menu menu tersebut. Dan jangan lupa untuk mencetak rekap bunga, yang bisa digunakan untuk melakukan cek manual bila terjadi selisih.

Selanjutnya bila sudah di-posting masih ada transaksi yang belum masuk maka transaksi tersebut bisa di-entry seperti biasa pada menu transaksi pinjaman. Dan bila semua data sudah benar dan ter-Input semua maka anda bisa melakukan posting mingguan atau bulanan seperti biasanya.

Dalam melakukan proses ini yang paling penting adalah pengkodean data peminjam yang sistematis, sebagai dasar dalam melakukan proses pembayaran angsuran kolektif ini. Kode atau nomor peminjam menjadi panduan dalam melakukan cros chek. Jadi point penting disini adalah membuat system pengkodean yang baik sejak awal memulai komputerisasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s